Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX agar Tetap Awet

Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX agar Tetap Awet

Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX agar Tetap Awet – Jupiter MX adalah salah satu product Yamaha yang sangat populer terutama untuk masyarakat Indonesia, Dengan design yang stylish dan speed performa yang bagus membuatnya banyak diminati. Bagi Anda yang ingin memiliki Yamaha Jupiter MX, Janetto akan membagikan cara untuk perawatan mesin motor Yamaha Jupiter MX sebagai berikut.

Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX agar Tetap Awet

Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX agar Tetap Awet

8 Cara Perawatan Yamaha Jupiter MX

1. Rajin Cek Oli Mesin

Motor yang bertenaga 4 tak ini Wajib sering dicek olinya. Jika sudah mencapai jarak Kisaran 2.000 km, segera diganti. Engine empat tak umumnya lebih harus diperhatikan ketimbang 2 tak dikarenakan hampir rata-rata komponen mesin nya terendam oli. Jika oli terlalu cair apalagi berkurang, maka akan membuat mesin cepat aus.

2. Rajin Cek Busi

Tanpa busi, motor Yamaha Jupiter MX tidak akan bisa menyala. Rajinlah mengechek Pentul busi. Jika sudah karatan atau berwarna kecokelatan, cobalah untuk membersihkan nya dengan amplas yang halus. Jika sudah menampuh jarak 12.000 km atau sudah tidak layak dipakai segera ganti busi yang baru, Jangan lupa Cek juga kabel yang menyalurkan arus listrik ke busi. Jika sudah kaku atau retak, segera ganti dengan yang baru.

3. Selalu Check Filter Karburator

Jenis karburator yang digunakan Jupiter MX adalah yang bertipe kering. Cara merawatnya juga sangat sederhana. Cukup semprotkan bagian tersebut dengan kompresor.

4. Memeriksa Rantai Motor dan Girnya

Pastikan rantai tidak terlalu kendor atau terlalu kencang untuk kenyamanan dan keselamatan Anda. basahi dan bersihkan rantai motor dengan oli agar mencegah keausan dan  perputarannya lancar. Pastikan bagian gear. Jika sudah aus, segera lah diganti dengan yang baru karena jika tidak diganti maka rantai akan mudah lepas dari sirkuit. Jika Anda mennukar gear itu berarti rantai juga ikut diganti. Pengantian gear dan rantai dilakukan apabila telah mencapai jarak 25.000 km sampai 35.000 km.

5. Memeriksa Kampas Rem

Setelah melepaskan bagian gear, Anda dapat sekaligus melakukan pemeriksaan bagian rem kampas. Jika sudah Tipis sebaiknya dituker agar pada saat rem tidak ada kendala. Rem adalah bagian yang sangat penting.

6. Rajin lah Panasin Mesin Motor

Setiap hari Sebelum anda berkendara, sebaiknya panaskan terlebih dahulu motor selama 1 sampai 2 menit. Jangan terlalu lama juga karena dapat membuat kuning pipa knalpot. Proses Pemanasan dilakukan agar oli melapisi semua bagian mesin sehingga lancar ketika dikendarai.

7. Selalu Check Ban Motor

Rajinlah Cek Air Pressure / tekana angin motor anda sebelum berkendaraan. Sebaiknya tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kempes. Jangan lupa Cek juga kondisi fisik ban motor. Segera ganti jika sudah Botak atau terlalu tipis. Kondisi ban juga mempengaruhi pengereman.

8. Selalu Mengunakan Spare Part Asli Yamaha

Jika anda menginginkan kondisi motor agar tetap awet, Sebaiknya menggunakan Spare Part asli dari Yamaha. harganya emank sedikit lebih mahal akan tetapi suku cadang asli memberikan jaminan performa mesin.

Demikian cara perawatan mesin motor Yamaha Jupiter MX. Semoga bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply

Watsup 081319253387Daftar Free Member