Informasi Mengenai Teknologi Jaringan Wireless

Informasi Mengenai Teknologi Jaringan Wireless

Artikel Tutorial kali ini akan membahas sedikit Informasi Mengenai Teknologi Jaringan Wireless, Jaringan Wireless biasanya menggunakan satu dari dua jenis topologi, yaitu AdHoc atau infrastruktur. Pada topologi Adhoc juga dikenal sebagai jaringan peer-to-peer, di mana setiap komputer dilengkapi denan sebuah wireless adapter yang dapat kirim dan terima data dari komputer lain. Pada topologi infrastruktur, tiap komputer mengirim dan menerima data dari sebuah access point.

Informasi Mengenai Teknologi Jaringan Wireless

Informasi Mengenai Teknologi Jaringan Wireless

Sebelum mengulas mengenai teknologi jaringan wireless lebih jauh, ada baiknya anda mengenal organisasi atau badan yang berperan dalam jaringan wireless.

ITU-R (International Telecommunications Union – Radiocommunication Sector)

Badan yang bertanggung jawab untuk manajemen global penggunaan spektrum radio frekuensi dan orbit satellit. Boleh juga di sebut sebagai badan yang mengatur radio frekuensi (RF).

FCC (Federal Communication Commission)

Badan yang mengatur pemakaian spektrum RF di Amerika Terdapat dua jenis RF, Yaitu spektrum RF yang berlisensi inilah yang bebas digunakan, sehingga tidak ada biaya pemakaian bagi end user. IEEE memanfaatkan 2 dari 3 RF bands tak berlisensi yang diijinkan oleh FCC, Yaitu 2.4 GHz UNII (Unlicensed National) Information Infrastructure) Band.

ETSI ( European Telecommunication Standards Institute)

Organisasi Eropa yang bertanggung jawab untuk membuat standar Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk teknologi Internet, Mobile dan Radio.

IEEE

IEEE adalah sebuah organisasi non-profit yang bertanggung jawab untuk membuat standar dari berbagai macam teknologi yang ada, Termasuk teknologi informasi. IEEE  telah merilis rangkaian standar-standar yang berkenaan dengan jaringan wireless yang dikenal dengan 802.11.

Wi-Fi Alliance

Seringkali vendor-vendor mengimplementasikan perangkat-perangkat wireless dan jaringan secara proprietary (menggunakan rule/protokol pribadi). Hal ini dapat menyebabkan Problem Interoperabilitas produk mereka dengan produk vendor lain. Maksudnya, sebuah perangkat jaringan merk A tidak akan bisa bekerjasama dengan perangkat jaringan merk B, oleh karena itu, dibutuhkan sertifikasi inter-operabilitas vendor agar perangkat satu vendor dapat berkomunikasi dengan perangkat vendor yang lain.

Wi-Fi Certified

Wi-Fi Certified

Wi-Fi Alliance dibentuk untuk menyediakan testing inter-operabilitas perangkat-perangkat wireless dari berbagai macam vendor. Istilah Wi-Fi adalah istilah sertifikasi, namun sering disalahartikan dalam dunia industri. Wi-Fi adalah merek dagang terdaftar yang awalnya di daftarkan oleh WECA pada tahun 1999 dan sekarang terdaftar untuk Wi-Fi Alliance.

15 years of Wi-Fi

Sumber Video dari youtube credit untuk Wi-Fi Alliance®

Sekian info Artikel Tutorial seputar Jejaringan internet semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat

Please Share This Article
Thank You

 

Leave a Reply

Watsup 081319253387Daftar Free Member