Istilah yang perlu di ketahui mengenai mekanisme jaringan wireless

Istilah yang perlu di ketahui mengenai Mekanisme Jaringan Wireless – SSID adalah sebuah nama network yang di pakai oleh jaringan wireless dan merupakan karakter yang unik, case sensitivem dan mengunakan alpha numeric dengan nilai karakter 2-32 karakter SSID dikirim dalam beacon. Sederhanannya SSIS (Service Set Identifier) adalah nama jaringan wireless yang dibuat pada sebuah access point pada komputer yang memulai membuat suatu jaringan AdHoc.

Istilah yang perlu di ketahui mengenai mekanisme jaringan wireless

Istilah yang perlu di ketahui mengenai mekanisme jaringan wireless

Station atau komputer yang ingin terhubung pada jaringan wireless akan melihat ke dalam beacon untuk mengetahui SSID ke jaringan mana yang akan terconnect dan Station akan mencari alamat MAC address di mana beacon berasal mengirimkan authentifikasi request dengan tujuan untuk meminta access point agar connecting dengannya. Apabila station di setting untuk menerima beberapa SSID sekaligus, maka station akan mencoba bergabung dengan access point yang pertama kali mengirimkan signal dan connect dengan access point yang memancarkan signal paling kuat, khusus nya pada area tersebut jika terdapatbanyak access point.

Perlu di ketahui juga bahwa ada yang dinamakan SSID dan ada pula yang namannya BSSID (Basic Service Set Identifier) adalah sama dengan MAC Address pada sebuah access point.

Beacon

Beacon adalah frame terpendek yang dikirim oleh access point ke station atau station to station untuk men setting komunikasi agar sinkron. Pada Topologi AdHoc, Komputer pertama yang di hidupkan inilah yang akan mengirimkan paket bacon ini. Paket informasi yang terdapat dalam beacon inilah yang dibutuhkan supaya komunikasi pada jaringan wireless bisa terjadi.

Channel

Pita Frekuensi dapat digambarkan sebagai sebuah jalan. Channel ini berfungsi sebagai jalur pemisah pada Pita Frekuensi tersebut. Perangkat 802.11a bekerja pada frekuensi 5.15 – 5,875 GHz, sedangkan perangkat 802.11b dan 802.11g bekerja pada frekuensi 2,4 – 2,497 GHz. Perangkat 802.11a memakai pita frekuensi lebih besar dibandingkan perangkat 802.11b atau 802.11g Semakin lebar pita frekuensi, semakin banyak channel yang tersedia.

Passive Scanning

Scanning biasanya dilakukan oleh station / Access point untuk mendengarkan beacon di setiap channel pada waktu tertentu setelah station diinisialisasi. Station akan mencari jaringan dengan mendengarkan beacon yang menyebutkan SSID dari acces point yang akan dihubungi.

Active Scanning

Active scanning adalah process yang meliputi pengiriman probe request dari wireless station. Station ketika sedang mencari network untuk bergabung akan mengirimkan frame ini. Frame probe ini mengandung SSID dari network tersebut untuk broadcast SSID. Apabila access point dengan SSID yang sesuai sudah ditemukan, Station akan melakukan authentication dan Association untuk bergabung dengan Network melalui access point tersebut.

Autentifikasi dan Association

Autentifikasi adalah proses pendaftaran /Registrasi station terhadap beacon dan juga proses melewati wireless node yang di verification melalui jaringan untuk dapat bergabung. Proses ini terjadi di access point yang membuktikan diri bahwa klien masuk sesuai dengan data yang telah di registrasi. Dengan kata lain, access point memeriksa identitas dari klien sebelum hubungan terjadi.

Roaming

Roaming adalah kemampuan klien untuk berpindah dari suatu sel network ke sel network yang lain tanpa harus kehilangan koneksi.

Sumber Video dari youtube credit untuk Tenable

Sekian Artikel Tutorial mengenai Istilah yang perlu di ketahui mengenai mekanisme jaringan wireless semoga menambah wawasan pembaca

Please Share This Article

Thank You

 

Leave a Reply

Watsup 081319253387Daftar Free Member