Cara Menulis Rumus Excel dengan lebih Cepat

Cara Menulis Rumus Excel dengan lebih Cepat – Bagi anda yang sering menggunakan rumus dan fungsi excel, langkah-langkah berikut akan membantu anda untuk menulis rumus dan fungsi dengan lebih efisien.

"Jangan perna mengunakan tanda kurung penutup"

Ketika anda menulis fungsi, anda tidak perlu mengetik tanda kurung penutup di akhir fungsi. Contohnya, pada sel B10, ketik =SUM(C5:C11) dan tekan tombol [ENTER]. Excel secara otomatis akan menambahkan tanda kurung penutup untuk anda.

Cara Menulis Rumus Excel dengan lebih Cepat

Cara Menulis Rumus Excel dengan lebih Cepat

“Gunakan Formula AutoComplete”

Ketika anda mengetik sebagian dari fungsi, Daftar fungsi yang mirip dengan beberapa huruf pertama yang anda ketik akan ditampilkan, Contohnya pada Sel C13, ketik =MAX.

Formula AutoComplete Microsoft Excel

Formula AutoComplete Microsoft Excel

Ketika anda mengetik beberapa huruf pertama, Excel akan menampilkan daftar fungsi yang di mulai dengan huruf yang sama (Misalnya, MAX dan MAXA).

Anda dapat menekan tombol panah bawah atau tombol panah atas untuk berpindah ke fungsi yang anda inginkan, Kemudian tekan tombol (TAB) untuk memilihnya.

Excel akan menyisipkan sisa fungsi yang akan digunakan (misalnya, Max) tersebut.

Setelah itu Excel akan menampilkan Tanda kurung buka dan anda dapat memasukan rentang sel yang digunakan untuk menghitung nilai tertinggi, Misalnya C5:C11

Apabila selesai, tekan tombol (ENTER) dan Excel akan secara otomatis menambahkan tanda kurung tutup di akhir fungsi.

rumus excel MAX

rumus excel MAX

"Pindahkan Toolip Apabila Perlu"

Kadang-kadang ketika anda sedang menulis rumus, Toolip yang tampil untuk fungsi tersebut dapat menghalagi pandangan anda dari sel-sel lain yang ingin anda liat dalam lembaran kerja.

Untuk memindahkan Tooltip, arahkan mouse di atas tepi Tooltip sampai kursor berubah, Kemudian klik dan tarik tooltip ke loaksi baru. Sekarang anda dapat melanjutkan untuk memasukan atau mengedit fungsi anda tanpa ada halangan.

Pindahkan Tooltip di Excel

Pindahkan Tooltip di Excel

“Masukkan Argumen dengan [CTRL] + [SHIFT] + [A]”

Untuk menampilkan parameter fungsi yang digunakan secara cepat, letakkan sel pointer pada sel (Misalnya, C14) yang akan dimasukkan rumus. Ketik tanda sama dengan (=) diikuti dengan nama fungsi dan tanda kurung buka lalu tekan tombol [CTRL] + [SHIFT] + [A]

Excel secara otomatis akan menambahkan semua parameter untuk fungsi tersebut. Argumen pertama akan di sorot dan anda bisa langsung memasukkan parameter yang diinginkan untuk argument tersebut. Anda dapat membatalkan rumus yang akan dimasukkan tersebut dengan menekan tombol [ESC].

Argumen CTRL + SHIFT + A

Argumen CTRL + SHIFT + A

Please Subscribe di bawah dan jangan lupa di bookmark page halaman ini 🙂

~~> Part 2 Cara Menulis Rumus Excel dengan lebih cepat <~~

Thank You

Leave a Reply

Watsup 081319253387Daftar Free Member