Tips Memilih Supplier Ala Sekolah Bisnis Internet Muri Handayani

Tips Memilih Supplier Ala Sekolah Bisnis Internet Muri Handayani

Tips Memilih Supplier Ala Sekolah Bisnis Internet Muri Handayani – Nama Muri Handayani mulai dikenal tahun 2013 silam, tepatnya saat ia membangun sebuah sekolah bisnis internet yang diberi nama Sekolah Bisnis Online atau disingkat SBO. Muri Handayani mengawali karirnya dari berdagang pakaian muslim. Sebagai seorang ibu rumah tangga, Muri ingin tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Hanya saja, kesibukan mengurus keluarga tak memungkinkan Muri bekerja di luar rumah. Sementara ia punya mimpi besar membangun sebuah bisnis pakaian muslim.

Dari situ Muri tergerak memanfaatkan internet untuk berbisnis. Ia mengumpulkan artikel-artikel yang berkenaan tentang internet marketing untuk dipelajari dan berani bertanya dengan orang-orang yang sudah lebih dulu sukses menjalani bisnis online, lalu mengaplikasikan ilmunya. Perlahan-lahan, penjualan pakaian muslim Muri Handayani merangkak naik. Dari yang sebelumnya bertindak sebagai reseller, kini ia berhasil menjadi seorang produsen pakaian muslim berlabel ‘Razha’. Sekurang-kurangnya, ada 350 agen dan 66 distributor di seluruh Indonesia bekerja sama dengannya.

Tips Memilih Supplier Ala Sekolah Bisnis Internet Muri Handayani

Tips Memilih Supplier Ala Sekolah Bisnis Internet Muri Handayani

Berkiprah sebagai pebisnis online, bukan berarti Muri tak menemui kendala sama sekali. Sebelum namanya selejit sekarang ini, ia sempat mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan supplier. Tatkala pelanggan sudah cukup banyak, supplier tempat Muri bekerja sama justru tutup. Belum lagi pengalaman buruk bekerja sama dengan supplier penipu. Namun, dari pengalaman buruk tersebut, Muri semakin peka membedakan supplier kooperatif dengan yang tidak.

Untuk pemula yang menekuni bisnis online, tips memilih supplier ala sekolah bisnis internet Muri Handayani berikut ini akan sangat bermanfaat untuk diterapkan:

  1. Cek Identitas

Supplier terpercaya biasanya tak menolak memberikan identitas selengkap-lengkapnya kepada mitranya. Identitas yang dimaksud meliputi nama pemilik, nama toko, alamat jelas, dan nomor rekening. Kesesuaian antara nama pemilik dengan nama di rekening pun harus turut Anda pertimbangkan. Terkadang, para supplier nakal sengaja menggunakan nama dan alamat fiktif  sehingga sulit dilacak.

  1. Telusuri Media Sosial Supplier

Zaman sekarang, nyaris tak ada pebisnis online yang tak memiliki akun sosial media. Ini memang tak mutlak, tapi bisa jadi pegangan penting untuk Anda sebelum memutuskan bekerja sama. Melalui akun sosial media supplier, sedikit banyak Anda bisa memantau aktivitasnya dan mengetahui orang-orang yang terhubung dengannya (bisa keluarga, teman, atau mitra supplier lainnya).

  1. Bertanya pada Orang yang Sudah Pernah Bertransaksi dengan Supplier

Kredibilias supplier dapat kita ketahui dari orang-orang yang pernah bekerja sama dengan mereka sebelumnya. Jangan percaya pada testimony yang di-screen shoot dari wa, bbm, atau IG. Lebih bagus jika Anda punya kenalan yang bermitra dengan supplier yang sama.

  1. Buat Perjanjian Sebelum Barang Dikirim

Tanyakan pada supplier, siapa yang bertanggung jawab apabila barang yang dikirim ternyata cacat, tertukar, atau tidak sampai ke alamat. Buat perjanjian pada siapa Anda bisa mengajukan komplain. Cara ini akan menghindarkan Anda dari kerugian sewaktu-waktu barang yang disorder ternyata bermasalah.

Demikian tips memilih supplier ala sekolah Bisnis Internet Muri Handayani. Semoga bisnis online Anda berjalan lancar.

 

 

4 Comments

  1. FirstAbel September 29, 2017 Reply
  2. NumbersX October 3, 2017 Reply
  3. Antonivap October 15, 2017 Reply
  4. Pipernye October 17, 2017 Reply

Leave a Reply

Watsup 081319253387Daftar Free Member